jurusankuliah.net

Awas salah Jurusan !!!!

tips-jurusan-kuliah
Event Kampus

Tips Memilih Jurusan Kuliah

Apa kabar sahabat? Semoga sehat selalu…,

Kehidupan setelah lulus bukan berarti semuanya sudah kelar ya sahabat, karena faktanya justru inilah merupakan awal gerbang/ pintu pertama hidup dalam menghadapi masa depan sesungguhnya. Ada yang bermimpi menjadi seorang dokter, pengacara, desainer, programmer dan banyak profesi lainnya, dan tentu semua hal itu kita yang memilih dan kitalah yang mampu untuk memperjuangkannya.

Dalam kehidupan perkuliahan tentu sahabat sering dengar yang namanya istilah jurusan, sebetulnya apa sih jurusan itu, apakah jurusan yang kita ambil itu berpengaruh terhadap diri kita terutama hidup kita, lalu bagaimana sih tips memilih jurusan. Nah, itulah yang sering kali kita tak sadar bahwa awal pertama kita memilih jurusan itu dapat menentukan arah tujuan hidup. Sebab hal itu akan sangat mubadzir terhadap waktu dan biaya yang dikeluarkan, apalagi hal tersebut masih bergantung terhadap kedua orangtua. Karena bagaimanapun juga mereka menaruh harapan yang begitu besar yaitu adalah anaknya.

Tak banyak yang akan saya ulas disini, namun semoga sedikitnya hal ini dapat memberikan gambaran yang bisa dipertimbangkan dalam memilih jurusan sebelum masuk perguruan tinggi. Lalu, bagaimana sih tips memilih jurusan?

  1. Hobi dan bakat. Sebagian besar potensi atau bakat yang kita miliki itu sangat berkaitan dengan hobi yang biasa kita gunakan dalam kegiatan rutinitas. Namun, dalam hal ini terkadang sering menimbulkan pertanyaan balik, sebetulnya apakah hobi saya ini? Jikalau sahabat masih bingung dalam hobi yang biasa dilakukan, maka cobalah ingat-ingat, dalam situasi betmut ntah itu boring, apa yang biasa sahabat lakukan untuk bisa wake up kembali. Apabila masih bingung juga, coba deh sahabat biasanya melakukan kegiatan apa yang prinsipnya baik itu dibayar maupun tidak dibayar, hal tersebut senang dilakukan dan enjoy dalam mengerjakan kegiatan tersebut sehingga sahabat tak terasa biasa menghabiskan waktu tersebut untuk kegiatan itu. Terlebih dari itu, mengenai bakat coba mintalah pandangan terhadap orang terdekat bahwa apa bakat yang sahabat miliki dan tanpa disadari bahwa biasanya teman terdekat akan seringkali minta bantuan kepada sahabat dalam suatu bidang tertentu dalam menyelesaikan suatu permasalahan, karena pada pikirannya teman/ orang terdekatlah yang menilai bahwa kita dipercaya untuk mampu menyelesaikan pada bidang tersebut.
  2. Cek Mata Pelajaran yang paling unggul. Maksud yang paling unggul disini adalah bukan sekedar memiliki nilai yang besar saja, tapi bisa juga hal ini didasari pula dengan range peningkatan yang diperoleh pada mata pelajaran tersebut, sehingga bukan nilai yang fluktuatif. Hal ini akan memberikan gambaran bahwa ternyata kita memiliki sebuah ketertarikan akan potensi pada bidang tersebut.
  3. Ikuti kata hati. Ini nih yang biasa banyak terjadi kegalauan, sebab sebagian besar mereka dalam memilih jurusan adalah karena alasan kedua orangtua, kemudian karena prospek kerja setelah lulus dan lain sebagainya. Perlu dipahami juga sahabat bahwa yang namanya rizki itu sudah ada, jadi apabila kita dipaksakan untuk memilih jurusan yang katanya prospeknya bagus dan merupakan jurusan yang paling diminati hal tersebut tidaklah menjamin kita bekerja dengan gelar tersebut, sebab penilaian dalam dunia kerja tidak hanya dilihat dari lulusan saja, karena bakat serta potensi dalam diri itu lebih dihargai dan diutamakan. Jadi walaupun kelihatannya jurusan yang kita pilih tersebut tidak setenar yang katanya prospek yang bagus, namun ternyata didalamnya kita memiliki potensi yang bisa dikembangkan, maka tidak menutup kemungkinan hal tersebut bisa menjadi peluang besar juga buat diri kita.
  4. Minta petunjuk kepada sang maha kuasa. Ini sebetulnya adalah hal utama sebelum kita memilih keputusan apa yang akan kita ambil, sebab hanya kepada-Nya kita meminta petunjuk dan meminta pertolongan agar diberikan keputusan terbaik dalam memilih jalannya hidup.

Yang perlu diingat adalah jurusan itu adalah baik dan keberkahan itu lebih utama. Kuatkan tekad pada diri bahwa semua akan berjalan dengan baik…,

tips memilih jurusan kuliah

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *