jurusankuliah.net

Awas salah Jurusan !!!!

lintas jurusan
Event Kampus

Lintas Jurusan Bagus ngga sih? Dari Sains ke Sosial Misalnya…,

Hai sobat jurusankuliah, pernah ngga sih bertanya – tanya apakah kuliah lintas jurusan itu baik atau ngga? Soalnya setelah sekian lama di kelas, mumet juga ternyata dengan keilmuan eksak., wkwk…, Katanya ada yang bilang kedepannya bakalan berat, bener ga sih?

M…, oke begini sobat!.,

Banyak orang yang berpendapat alangkah baiknya memang jika ia kuliah itu sesuai dengan jurusan awal, apabila dari SMA misalnya temen – temen udah masuk IPA, maka carilah bidang keilmuan yang merupakan Sains atau Teknologi karena itu biasanya dihadapkan untuk orang – orang eksak, berbeda kalau IPS misalnya, itu lebih cenderung ke hal yang istilahnya sosial/budaya/hukum. Dan sebetulnya sah – sah aja temen – temen mau nya ngambil jurusan apa nanti pas diperkuliahan. Dan banyak juga sih yang bisa dikatakan lintas jurusan itu, dan pada umumnya dari keilmuan eksak ke sosial memang. Alasannya kenapa?, ya…, sekilas mungkin diantara sobat tau sendiri kenapa alasannya, salah satunya karena mungkin mereka sudah tak kuat lagi menahan serangan perhitungan angka – angka. Ditambah dengan tugas lain yang numpuk serta alokasi waktu yang sangat singkat, itulah yang biasa dihadapi oleh mereka.

BACA JUGA : TIPS BEASISWA BAGI MABA

Terus percuma dong kita belajar selama disekolahan toh akhirnya nanti pas kuliah kita harus bermulai dari awal lagi dengan ilmu – ilmu baru. Ya, itu memang menjadi sebuah tantangan tersendiri yang harus dihadapi. Selain harus kuat mental dan fisik, tentu ketika mau lintas jurusan dari sains ke sosial ataupun sebaliknya, maka wawasan keilmuan bidang yang terkait harus ditingkatkan dan dipelajari lebih, agar bisa menyeimbangkan dengan materi yang diberikan nanti. Tetap semangat aja yang penting!

kuliah lintas jurusan, apa mungkin !!!

Sedikit tips, yang bisa diaplikasikan bagi temen – temen yang rencananya mau lintas jurusan untuk program studi yang akan diambil di perkuliahan nanti:

  1. Pikir matang lagi keputusanmu, apakah benar yakin atau hanya ikut-ikutan temen lainnya. Jangan hanya gara-gara sahabat atau temen kita ngambil jurusan tersebut kamu tidak berpikir Panjang.
  2. Pahami passionmu sobat, dimana hobimu sebenarnya, apa yang paling berbakat pada dirimu. Dan ikuti kata hatimu.
  3. Coba musyawarahkan terlebih dahulu dengan kerabat terdekat, kakak atau adik atau keluarga misalnya.
  4. Pertimbangkan dengan berpikir beberapa tahun kedepan, bagaimana dipekuliahan nanti, apa yang akan dicapai selama kamu disana. Lalu persiapkan teknik atau metode pembelajaran jurusan yang akan kamu ambil nanti, karena ini akan menjadi makanan keseharianmu.
  5. Dibarengi ibadah serta doa itu adalah hal utama yang harus dilakukan sebelum mengerjakan hal sebelumnya.

Itu merupakan sebagian kecil yang disampaikan, pun apabila ada tambahan bisa ditambahkan. Terlebih dari itu kita harus mengerti bagaimana cara memahami diri kita sendiri!.,

#JurusanKuliah

#HayuKuliah

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *