Kuliah dikota atau Daerah, Kamu Pilih Mana ?

kuliah-didaerah-atau-kota

Kuliah dikota atau didaerah atau Habis lulus ternyata bukan berarti semuanya udah berakhir ya sobat. Justru disinilah kehidupan awal mulai terbuka dan harus berani memilih. Galau pasti iya, ditambah banyak temen – temen sobat yang sudah merencanakan kehidupan setelah lulus ini. Misalnya si A dia udah mutusin untuk ngambil kuliah diluar kota, karena memang ia dapet beasiswa di salah satu Perguruan Tinggi ternama disana, lalu ada juga si B dia lebih memilih untuk kuliah di kota sendiri dengan alasan ia sudah merasa nyaman dan dekat dengan keluarga, sehingga ingin meminimalisir biaya kuliah, kemudian ada juga si C ia lebih memilih untuk kerja cari pengalaman dulu dan bantu keluarga.

Sedangkan kamu? Disamping sedih karena adanya perpisahan dengan temen – temen sekawanmu yang berpencar menjalani masa depannya, kamu sendiri malah galau apa yang harus dilakukan dan mau kuliah dimana, padahal orangtua sudah berharap lebih pada dirimu untuk bisa melanjutkan yang lebih baik yaitu kuliah.

Ketika dari kecil hingga SMA kamu sekolah di daerah rasanya mungkin ingin sekali mencoba untuk menikmati dan menimba ilmu diluar kota, dengan suasa berbeda, temen – temen yang baru, jaringan serta koneksi yang baru, kehidupan yang baru dan bahkan bisa menciptakan semangat baru untuk belajar. Sebenarnya semua ini tergantung dari dirimu sendiri sobat, karena yang akan menjalan ini semua adalah diri kamu sendiri dan masa depan ada ditanganmu!

Jika ingin kuliah di luar kota tentu dari mulai sekarang kamu perlu mempersiapkan dari segi wawasan terutama, iman serta tekad yang kuat. Sebab kenapa? Kehidupan disana pasti sangatlah berbeda dengan yang pernah dialami didaerah sekarang. Disamping nanti kamu akan bertemu dengan temen – temen yang berasal dari sekolah yang berbeda dan temen – temen yang berasal dari berbagai daerah, tentu hal itu juga kamu akan dihadapkan dengan berbagai karakter mereka dan budaya mereka yang jelas berbeda, dan itu artinya wawasan merekapun lebih luas. Dari sanalah kita perlu mempersiapkan mindset atau pola pikir yang lebih cerdas. Disini bukan berarti menakut – nakuti, hanya saja perlu diketahui bahwa segala sesuatu apabila kita persiapkan maka Insyaa Allah hasilnyapun akan maksimal. Dan jika memang sudah dipertimbangkan dengan jelas dan dipahami, maka mulailah ambil keputusan kemana pilihan kuliahmu?

Ketika usaha tersebut ternyata belum membuahkan hasil sesuai dengan harapan, janganlah sedih sobat, karena itu semua bukan akhir dari hidupmu. Tetap semangat dalam menjalani hidup, terutama untuk kuliah ini untuk membahagiakan keduaorangtuamu terutama.

Sebetulnya tidak masalah kuliah di daerah maupun diluar kota, keduanya adalah baik, karena perlu diingat bahwa “Tidak Kuliah di Kampus Terkenal yang ada diluar Kota bukan berarti kamu Mahasiswa Kelas Bawah”.

Sekali lagi tergantung dari mindset kamu sendiri, yang membedakan mungkin hanya sekadar suasana dan kehidupan diperkuliah nanti, apakah baik atau ngga itu tergantung dari cara berpikir kamu dan pergaulan nantinya kamu disana sobat. Ketika fasilitas kuliah dikota lebih lengkap dan mewah, ditambah pula banyak dosen ahli yang menunjang keilmuan para mahasiswa, tapi itu semua belum tentu, karena ketika banyak dosen ahli disana pasti mahasiswanyapun banyak yang ahli. Justru ini adalah kesempatanmu ketika memang kuliah didaerah yaitu menunjukan pada dunia bahwa standarisasi mahasiswa bukan hanya dilihat dari wilayah dan terkenalnya tapi kemampuan dan tekadnya. Karena buktinya ada juga kok seseorang yang kuliah di daerah juga swasta yang tidak sempat terdengar sebelumnya, Priscilla Maria Assis Hornay setelah lulusnya ia  lanjut kuliah ke Sydney dengan beasiswanya.

So, keep fighting sobat, putuskan dari sekarang, terus berusaha dan selalu berdoa untuk mendapatkan yang terbaik dan ridho-Nya.

Jadi, Kuliah di Luar Kota atau di Daerah, Kamu Pilih Yang Mana?

1 Trackback / Pingback

  1. Kerja atau Kuliah? - jurusankuliah.net

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*