Kerja atau Kuliah?

kerja-atau-kuliah
ngantor atau nguliah?

Keduanya sama – sama baik sobat. Terlebih kita selalu kaitkan semua itu atas dasar ibadah serta untuk memberikan kebahagiaan kepada kedua orangtua. Tapi awas gais, jangan sekali – kali jadikan dari kedua pilihan tersebut hanya untuk gaya – gayaan atau sekedar eksis update di sosmed. Sebab itu bakal jadi ga berkah dan yang ada nanti malah jadi musibah. Naudzubillah…,

Kerja atau Kuliah? Kalau Kerja dulu…,

Okey., Sebagian dari lulusan SMA yang mungkin namanya juga sekolah umum, yang mempelajari segala bidang keilmuan, sehingga kebanyakan dari lulusan SMA ini adalah ingin melanjutkan kuliah. Beda halnya dengan lulusan SMK yang mungkin karena notabene’nya adalah sekolah kejuruan, seperti jurusan TKJ, RPL, Otomotif dan lain sebagainya, sehingga sasaran mereka belajar di SMK adalah agar mereka lebih siap dalam menghadapi dunia kerja.

Dan itu bukanlah menjadi sebuah patokan atau sebab akibat, karena tidak menutup kemungkinan juga mungkin saja anak SMA ada yang memilih untuk bekerja cari pengalaman terlebih dahulu dan anak SMK lebih memilih untuk kuliah. Keduanya adalah sama – sama baik.

Terkadang ada beberapa faktor yang menyebabkan mereka memilih untuk mencari pengalaman dulu atau melanjutkan kuliah mereka, salah satunya adalah faktor finansial ataupun pribadi yang sudah terlanjur lebih tertarik dalam dunia kerja.

Lalu, Kuliah?

Ya, bagus memang, tapi kuliah disini bukan hanya untuk gaya-gayaan sekedar memamerkan brand atau menjadi mahasiswa kupu-kupu. Ketika mencoba untuk memilih kuliah, maka pahami betul jenis kemampuan atau potensi yang dimiliki pada diri pribadi, sebab itu akan berpengaruh terhadap jurusan atau program studi yang akan diambil nanti. Jangan hanya gara-gara gengsi dengan teman yang lain, yang menyebabkan usaha tersebut menjadi sia-sia dan merepotkan kedua orangtua. Maka carilah jurusan yang sesuai dengan passion yang dimiliki, sehingga hal tersebut bisa diolah dan dinikmati.

Dilihat dari dari sisi positif keduanya jelas memiliki manfaat yang sangat baik, baik itu memilih untuk langsung bekerja maupun memilih untuk kuliah, maka cobalah komparasikan kemudian ambilah pilihan yang sekiranya memberikan kebaikan yang lebih untuk diri pribadi dan juga untuk orang-orang yang disayangi, terutama adalah orangtua, lalu pasrahkan semua itu kepada sang maha kuasa. Karena sesungguhnya kita hanya bisa berikhtiar, selebihnya adalah Allah yang maha mengetahui apa yang terbaik untuk hambanya.

Jadi, apakah sekarang sudah menentukan pilihan terbaikmu, sahabat?, Kerja atau Kuliah…,

Kuliah diluar kota atau di daerah?

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*